IKUTI
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Cara Memilih Travel Umroh Terbaik, Bagaimana?

Cara Memilih Travel Umroh Terbaik, Bagaimana?

Oleh : Fitria Kim - Kategori : Umroh
24
Nov 2020

cara memilih travel umroh terbaik

Ibadah ke tanah suci tentunya sudah diniatkan dengan baik dan direncanakan dari jauh hari. Namun faktanya, niat baik ini tidak selalu berjalan dengan mulus. Artinya, kegigihan dan ketaatan kita mungkin sedang diuji karena sejatinya orang-orang yang mengaku beriman dan bertakwa akan selalu diuji oleh Allah Swt. Salah satu ujian yang dimaksud adalah penipuan yang dilakukan oleh biro travel umroh.

Pada dasarnya, sifat dasar manusia itu serakah sehingga oknum-oknum travel umroh juga bisa memiliki keserakahan dunia, terutama hal-hal yang berhubungan dengan uang. Travel umroh yang berpengalaman dan terpercaya pasti memberangkatkan semua jamaah yang sudah mendaftar ke tanah suci.

Oleh sebab itu, kita sebagai calon jamaah umroh harus berhati-hati ketika memilih biro travel.

Kenapa demikian?

Tentunya supaya kita tidak menjadi korban penipuan biro umroh yang curang. Salah satu cara termudah untuk mengecek biro umroh resmi dan terpercaya adalah mengecek pada situs kementerian agama.

Ada cara lain yang harus dilakukan untuk memilih biro umroh yang baik. Simak ulasan tentang cara memilih travel umroh terbaik di Kediri berikut ini. 

1. Ada Surat Izin Resmi dan SK dari Kementerian Agama

Travel umroh resmi dan terpercaya pasti mempunyai bukti legalitas yang lengkap seperti Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum dan Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Agama (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh).

Bukti tersebut digunakan sebagai klarifikasi kebenaran dan keabsahan travel tersebut benar-benar penyelenggara umroh dan haji atau hanya penipu. Bukti legalitas tersebut juga menunjukkan kredibilitas dan tanggung jawab dari biro travel kepada para pelanggannya.

Adapun tanggung jawab itu meliputi keberangkatan jamaah, berbagai fasilitas yang diperoleh oleh para jamaah di Tanah Suci, hingga keselamatan dan kemudahan para jamaah untuk kembali ke Indonesia sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Namun, ada juga travel umroh dan haji yang memalsukan surat izin dari Kementerian Agama supaya orang-orang percaya untuk mendaftarkan dirinya. Oleh sebab itu, Anda harus mengecek legalitas biro travel umroh melalui situs Kementerian Agama yang bisa diakses via komputer atau smartphone.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada aplikasi Umrah Cerdas di playstore dan Apple Store pada smartphone.

Adapun cara pengecekan yang lebih lengkap sebagai berikut.

  1. Cek langsung di situs kementrian agama dengan alamat situs atau link berikut: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu atau bisa diakses melalui aplikasi smartphone. Cara lainnya adalah tanyakan daftar biro jasa umroh ke kantor Depag setempat via telepon ke call center haji dengan nomor telepon 1500525. 
  2. Klarifikasi kredibilitas suatu travel umroh dengan menanyakan izin usaha resmi seperti Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, NPWP Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, SK Menteri Kehakiman berupa Akta Pendirian Perusahaan, dan surat-surat lainnya. 

Para calon jamaah yang berdomisili di Jawa Timur, khususnya di Kediri tidak perlu khawatir. Saat ini, sudah ada travel umroh terbaik di Kediri yang memiliki dokumen legalitas lengkap.

Jadi, tidak perlu resah dan gelisah untuk memilih travel umroh di Kediri. 

2. Telusuri Riwayat Perjalanan Biro Travel melalui Internet

Cobalah telusuri sejarah atau riwayat travel umroh melalui media sosial, situs, dan ulasan-ulasan atau testimonial dari orang yang pernah memakai travel tersebut. Semua hal tersebut bisa ditelusuri dengan mudah melalui internet saja. Biro travel terpercaya dan resmi pasti memiliki situs (website) resmi atas nama perusahaan.

Telusuri juga tentang waktu biro tersebut didirikan dan mulai beroperasi, jumlah jamaah yang sudah diberangkatkan, dan hal-hal lainnya supaya kita lebih yakin untuk memilih travel umroh tersebut.

Reputasi baik atau buruk bisa dilihat dari testimoni-testimoni orang-orang.

Travel umroh terbaik mempunyai situs/website resmi yang meyakinkan dengan domain berbayar dan berbasis TLD, bukan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress. Selain itu, legalitas dan profesionalitas sebuah biro travel bisa dilihat dari tahun berdirinya. Umumnya informasi ini juga akan 

Travel umroh yang sudah berdiri dan beroperasi lama tentunya sudah berpengalaman dan bisa dipercaya. Pasti sudah ada banyak kegiatan umroh yang meliputi jumlah perjalanan, kerutinan pemberangkatan jamaah, dan kepastian jadwal pemberangkatan jamaah.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kepuasan para jamaah yang sudah memakai jasa pelayanan travel umroh melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga Google Maps. Orang-orang yang merasa puas terhadap biro travel pasti akan menceritakan pengalaman-pengalaman menyenangkan yang dirasakan.

Namun sebaliknya, orang-orang yang kecewa atau tidak puas dengan pelayanan biro travel pasti akan mencela di media sosial atau memberikan review . 

3. Punya Kantor yang Memadai 

Biro travel umroh terpercaya pasti memiliki kantor yang memadai. Tidak hanya berbentuk seperti ruangan, tetapi benar-benar kantor. Bahkan, biro travel yang sudah terkenal biasanya memiliki kantor di gedung-gedung perkantoran.

Jika Anda memperoleh brosur atau iklan di media sosial tentang penawaran paket umroh dari suatu biro travel, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang kondisi atau keberadaan kantor dari biro tersebut. Alamat yang tertulis pada brosur atau iklan media sosial harus sesuai dan bangunannya benar-benar kantor, tidak hanya ruangan kecil.

Biro travel yang terkenal dan unggul juga menautkan alamat kantornya pada aplikasi Google Maps atau aplikasi peta lainnya. Tujuannya adalah memudahkan calon jamaah untuk survey lokasi kantornya.

Sebaliknya, biro travel umroh bodong justru mungkin tidak mencantumkan alamat kantornya secara jelas.

Selain itu, biro travel yang unggul pasti memiliki nomor telepon kantor yang jelas, alamat email perusahaan, situs/website dengan nama domain perusahaan, dan media sosial yang lengkap. Travel umroh terbaik tentunya memiliki semua persyaratan tersebut sehingga kantornya mudah untuk dikunjungi oleh para calon pelanggan. 

4. Fasilitas Umroh Sesuai dengan Harga yang Ditawarkan

Setelah melihat harga yang ditawarkan dan membandingkannya dengan biro travel lainnya, Anda juga harus memastikan fasilitas yang ditawarkan.

Biaya umroh per orang yang ditetapkan harus mencerminkan fasilitas yang diberikan. Fasilitas-fasilitas yang dimaksud antara lain hotel sebaiknya dekat dengan Masjidil Haram, pesawat yang akan dipakai, makanan yang disediakan selama umroh, dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti koper. 

Hindari biro travel yang menawarkan paket umroh terlalu murah karena mungkin saja ada unsur penipuan seperti kasus First Travel.

Namun ternyata, ada juga biro travel yang memang menetapkan harga murah sebagai salah satu strategi marketing untuk mendapatkan banyak pelanggan sehingga usaha menjadi lebih maju. Murah menjadi hal utama yang dicari oleh sebagian besar konsumen di Indonesia.

Ingat, Anda tidak boleh tergiur dengan mudah karena paket umroh yang murah. Ada harga tentu ada rupa! Biro travel murah bisa jadi murahan atau bodong. Pelajari tentang kesesuaian antara biaya yang akan dibayar dengan fasilitas yang ditawarkan.

Harga paket umroh yang sangat murah mungkin memberikan fasilitas yang minim dan menyulitkan calon jamaah haji seperti lokasi hotel jauh dari Masjidil Haram.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dengan travel umroh yang menawarkan fasilitas haji terlalu mewah dengan harga murah.

Biro travel tersebut mungkin sedang melakukan penipuan. Ada hal yang harus diperhatikan, yaitu paket umroh dengan harga yang mahal tidak menjamin kualitas fasilitas yang ditawarkan. Bisa jadi, fasilitas yang diberikan sama dengan biro lain yang menawarkan harga lebih murah.

Biro tersebut mungkin mengambil untung yang terlalu besar. 

Ada hal lain yang harus dilakukan, yaitu mencari tahu biaya pembuatan visa, tiket pesawat, sewa hotel, transportasi selama di lokasi umroh, dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan ibadah umroh. Kemudian, cocokkan antara harga paket dengan layanan yang diberikan.

Jangan sampai Anda membayar harga premium, tetapi layanan yang didapatkan hanya standar dan hotel yang didapatkan hanya bintang  4 atau 3.

Waspadai penarikan uang tambahan dengan berbagai alasan tanpa ada penjelasan sebelumnya seperti tips untuk guide dan lain-lain. 

5. Jadwal Keberangkatan yang Disediakan Harus Pasti

Travel umroh yang professional dan terpercaya sudah mempunyai jadwal keberangkatan yang jelas dan pasti. Para calon jamaah dapat memilih waktu keberangkatan yang diinginkan atau sesuai dengan keluangan waktu yang dimiliki.

Adanya kepastian jadwal keberangkatan para jamaah tentunya dimiliki oleh travel umroh terbaik. Selain itu, travel umroh yang profesional dan terpercaya tidak meminta pembayaran pelunasan sekaligus. Mereka biasanya memberikan durasi pembayaran supaya memudahkan calon jamaah.  Pembayaran yang bisa dicicil atau diangsur menandakan travel umroh ini amanah.

Uang para jamaah benar-benar digunakan untuk biaya umroh, bukan untuk keuntungan lainnya atau justru niat penipuan yang merugikan.

Bahkan, travel yang ternama juga pasti mengembalikan dana calon jamaah yang tidak jadi berangkat umroh karena alasan tertentu asalkan masih dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

Kepastian keberangkatan dan tidak adanya penundaan karena berbagai alasan juga termasuk ciri-ciri yang dimiliki oleh travel umroh terbaik.

Para calon jamaah diimbau untuk memastikan jadwal keberangkatan sebelum mendaftar karena banyak travel agent yang memiliki perkiraan waktu keberangkatan yang meleset atau tidak sesuai, bahkan hal ini bisa terjadi hingga H-7 keberangkatan.

Jadi, pastikan dengan benar sebelum mendaftar ya! 

6. VISA Umroh Harus Benar dan Selesai Sebelum Keberangkatan

Sebelum berangkat ke tanah suci, Anda harus memastikan visa umroh telah selesai atau jadi, setidaknya 3 hari sebelum keberangkatan. Status visa umroh juga harus dicek untuk memastikan surat izin perjalanan telah sesuai, yaitu visa umroh, bukan visa wisata atau jenis visa lainnya. Pemerintah Arab Saudi menetapkan kebijakan restrukturisasi untuk semua jenis visa, termasuk umrah menjadi satu harga, yaitu 300 riyal. Hal ini dilakukan sebagai langkah dari perwujudan Visi 2030 Arab Saudi. 

Kebijakan pemerintah Saudi yang sebelumnya adalah pemberlakuan pajak progresif pada setiap jamaah yang beribadah umroh lebih dari satu kali dalam waktu berdekatan, yaitu 3 tahun terakhir.  Namun, pemerintah Saudi juga mengubah sistem visa berupa tarif tambahan yang dikenakan kepada para jamaah, yaitu 300 real dan belum komponen lainnya.

Jadi, kemungkinan harga visa akan naik karena adanya pemberlakuan kebijakan baru.

Biaya visa harus diperhatikan supaya tidak kekurangan biaya untuk berangkat umroh karena belum mengetahui adanya kenaikan harga. 

7. Cermati Mekanisme Pembayaran

Travel umroh terpercaya pasti memakai rekening bank atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi atau perseorangan.  Rekening bank apapun atas nama perusahaan tidak sulit untuk dibuat jika biro atau perusahaan travel memiliki legalitas.

Berhati-hatilah biro travel yang memakai rekening bank atas nama seseorang atau pribadi karena mungkin dia adalah seorang penipu.

Selain itu, rekening bank yang digunakan pasti bank-bank yang ternama dan digunakan oleh banyak orang sehingga para jamaah tidak akan kerepotan untuk transfer dana. 

8. Ada Pembimbing Umroh yang Profesional

Pendamping atau pembimbing dibutuhkan oleh para jamaah karena pendamping (muthawif) akan membantu para jamaah ketika pelaksanaan ibadah umroh.

Pembimbing yang baik pasti bisa menjelaskan dengan lengkap semua hal tentang ibadah umroh dan membantu jamaah untuk memenuhi rukun umroh. Travel umroh terbaik tentunya memiliki pembimbing (muthawif) yang profesional serta paham keadaan ketika umroh.

9. Tidak Ada Sistem MLM pada Travel Umroh

Sistem Multi Level Marketing (MLM) pada travel umroh patut diwaspadai dan hindari. Travel seperti ini umumnya meminta biaya pendaftaran terlebih dahulu, kemudian calon jamaah diminta mengajak orang lain untuk bergabung sebagai downline.

Setiap jamaah bisa berangkat umroh setelah mengumpulkan sejumlah orang yang menjadi downline. Sistem seperti ini tidak mengutamakan pelayanan karena hanya mementingkan keuntungan semata. Selain itu, sistem ini haram karena menguntungkan satu pihak saja, tetapi merugikan pihak lainnya. 

10. Perhatikan Durasi Umroh dan Masa Tunggu

Ada hal yang sering terlupa ketika memilih paket umroh, yaitu durasi umroh itu sendiri. Durasi umroh yang umum adalah 6-7 hari ditambah dengan durasi perjalanan pulang-pergi menjadi 9 hari. Durasi umroh 9 hari adalah durasi yang sangat umum ditawarkan kepada calon jamaah.

Saat ini, sudah banyak biro umroh yang menawarkan paket ibadah sekaligus jalan-jalan ke negara-negara lain dengan tujuan wisata religi seperti Mesir, Palestina, Oman, Turki, dan negara-negara terdekat lainnya.

Oleh sebab itu, durasinya menjadi lebih lama hingga 12-14 hari.

Pilihlah paket ibadah umroh yang sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang dimiliki. Masa tunggu juga harus diketahui oleh para jamaah umroh. Menurut Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018, masa tunggu umroh terlama adalah 6 bulan dari pendaftaran.

Masa tunggu ini diberlakukan supaya biro travel umroh bodong yang berjanji akan memberangkatkan umroh secepat-cepatnya bisa berkurang. Waspadai travel umroh yang menawarkan jadwal keberangkatan kilat.

Misalnya, mendaftar pada Oktober 2020, lalu djanjikan segera berangkat November atau Desember 2020.

Umroh itu rangkaian ibadah sehingga harus ditunggu dengan sabar. Jangan terlalu berambisi ingin berangkat secepatnya tanpa tahu keadaan terkini di Arab Saudi Pasalnya, pemerintah Arab Saudi kembali menutup izin pembuatan visa umroh untuk para  jamaah Indonesia karena masih tingginya korban covid 19 di tanah air. 

Itulah 10 cara memilih travel umroh terbaik yang harus dipahami supaya tidak menjadi korban penipuan.

Ketahui juga metode-metode penipuan lain yang dilakukan oleh biro-biro perjalanan umroh bodong.  Ingatlah, pembayaran sebaiknya dilakukan melalui transfer bank sehingga kebenaran nomor rekening dan data kepemilikan rekening bisa diketahui.

Biro travel terpercaya pasti memiliki rekening bank yang sesuai dengan nama perusahaan atau bukan atas nama pribadi. Mintalah rekomendasi kepada kerabat atau teman yang pernah pergi umroh karena mereka sudah memiliki pengalaman dengan biro travel supaya lebih aman.

Selamat beribadah 

dengan tenang!

0 Komentar

Belum ada Widget ditambahkan, silahkan tambah melalui menu berikut :
Dasbor > Widget > Footbar Kiri
Belum ada Widget ditambahkan, silahkan tambah melalui menu berikut :
Dasbor > Widget > Footbar Tengah
Belum ada Widget ditambahkan, silahkan tambah melalui menu berikut :
Dasbor > Widget > Footbar Kanan