Terlambat, Salat Jumat pun di Emperan

 In Berita
Ramadan Istimewa Bersama Rameyza

https://radar.jawapos.com/radar/uploads/radarkediri/news/2018/06/02/terlambat-salat-jumat-pun-di-emperan_m_78403.jpeg

SESAK: Jamaah berdesakan menunggu Salat Jumat di Masjid Nabawi kemarin. (HERI MUDA SETIAWAN – JawaPos.com/RadarKediri)

Perjalanan yang melelahkan terbayar lunas. Saat kaki menginjak di Tanah Suci. Apalagi, berkesempatan salat Jumat di Masjid Nabawi di bulan suci Ramadan yang penuh berkah.

Rombongan jamaah umrah Rameyza Tour & Travel tiba di Arab Saudi tepat tengah malam. Pukul 00.02 waktu setempat. Menumpang pesawat Garuda, rute yang ditempuh adalah Surabaya-Banda Aceh-Jeddah.

Tiba di Jeddah, suasana tak terlalu ramai. Maklum, sudah tengah malam. Saat tiba di Bandara King Abdul Azis, kami bersamaan dengan rombongan umrah dari Sidoarjo. Salah satu anggota rombongannya adalah KH Ali Masyhuri. Pengasuh Ponpes Bumi Salawat Sidoarjo.

Usai pemeriksaan imigrasi, rombongan segera meninggalkan Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Menuju ke Madinah Munawaroh. Saat berangkat itu jarum jam menunjukkan pukul 02.00 dini hari.

Rombongan disambut oleh Ustadz Mubarok Ainul Yaqin. Muthawif yang juga asal Cendono, Kandat. Yang bersangkutan kebetulan juga mukim di Makkah. Sehingga bisa memberikan penjelasan secara gamblang tentang kondisi Arab Saudi sepanjang perjalanan.

“Perjalanan kita ke Madinah sekitar lima jam,” tutur lelaki yang juga lulusan MAKN Denanyar Jombang tersebut.

Perjalanan begitu lancar. Selain jalan lebar, perjalanan dini hari membuat lalu lintas tidak terlalu ramai. Para jamaah juga mendapatkan pengalaman tersendiri karena sahur di perjalanan. Mereka juga cukup antusias menikamti hidangan karena menu yang disediakan Rameyza Tour cocok dengan lidah. Ayam goreng lalapan plus telor ayam Arab.

Selanjutnya jamaah salat subuh di rest area. Dan tiba di Hotel Makarem Al Madina sekitar pukul 07.00. Sebenarnya para jamaah bisa melepas lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Namun mereka memilih beristirahat sejenak karena akan melaksanakan salat Jumat.

Jamaah berusaha tiba di Masjid Nabawi seawal mungkin. Karena Jumat seperti ini, jamaah yang datang meningkat. “Apalagi ini Ramadan, akan penuh,” ingat Mubarok.

Jamaah memang disarankan datang lebih awal. Paling tidak pukul 10.00 sudah sampai masjid. Jika tidak maka bersiaplah hanya bisa salat Jumat di luar area masjid.

Jawa Pos Radar Kediri membuktikan. Sekitar pukul 10.00, jamaah sudah berduyun duyun mendatangi masjid. Terlihat pula antrean yang juga ingin bisa ke Raudhoh. Berbeda dengan salat lima waktu, kali ini area dalam masjid yang tepat di belakang tempat imam disterilkan. Polisi terlihat menjaga ketat dan mengusir jamaah yang mencoba untuk duduk atau berdoa di situ. Demikian juga dengan arah menuju Roudhoh juga dijaga ketat. Tapi para jamaah tetap berusaha memanfaatkan kesempatan sekecil mungkin untuk bisa sekadar duduk dan berdoa di dekat area makam Rasulullah Muhammad.

Jamaah Rameyza yang beruntung bisa mendekat ke makam Rasulullah di antaranya Dodik Mustofa, Suliono, dan Slamet Mangun. “Alhamdulillah bisa berdoa di situ,” ujar Suliono.

Sekitar pukul 11.00, masjid sudah penuh. Bukan hanya yang bangunan lama, juga area sekitarnya. Lagi-lagi jamaah mencoba mencari celah. Sedikit saja ada ruang selebar badan, mereka berusaha menempatinya. Meski tak jarang harus berdebat dengan jamaah lain yang lebih awal tiba. Tapi mereka sepertinya memilih untuk tidak menggubris dan tetap duduk untuk menunggu waktu salat Jumat tiba.

Pelaksanaan salat jumat waktunya sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Azan mulai dikumandangkan, dilanjutkan dengan khutbah. Ketika iqamah, pemandangan yang sama terlihat lagi. Jamaah rela berhimpitan demi bisa salat di dalam area masjid Nabawi. Semoga ibadah mereka mendapat pahala dan berkah.

(rk/*/die/JPR)


Dikutip dari: Jawa Pos Radar Kediri

Hari, Tanggal: Sabtu, 30 Juni 2018

Link: https://radar.jawapos.com/radarkediri/read/2018/06/02/78403/terlambat-salat-jumat-pun-di-emperan

Recent Posts

Leave a Comment

1 × five =

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.

Start typing and press Enter to search